Sahabat traveler! Daerah ini  terletak di atas perbukitan yang tinggi. Jalan menuju ke tempat ini tidaklah mudah. Naik turun bukit dan melewati jalan dengan fasilitas yang sangat minim. Namun, desa ini mampu memberikan pesona alam yang menyegarkan pikiran.
Namanya Negeri suah, adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sibolangit. Letaknya yang berada di atas bukit, membuat tempat ini tak begitu ramai dikunjungi. Ada dua jalur yang bisa dilewati untuk mencapai tempat yang berada di pedalaman Sibolangit ini. Pertama melewati rute Medan- Delitua-Desa Penen- Desa Cinta Rakyat dan sampailah di Negeri Suah. Kondisi jalan menuju Negeri Suah cukup mengkhawatirkan. Jalanan mendaki dan rusak, serta becek saat setelah hujan. Meskipun begitu, Negeri Suah memberikan suasana yang benar-benar jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Bahkan berbeda dari tempat-tempat wisata alam yang biasanya kita jumpa di sekitar Medan tak sesunyi ini.
Nah, Guys! apa yang didapat di Negeri Suah? Selain pemandangan alam yang indah ada air terjun, sungai dengan aliran panas dan dingin. Bonus dari semua itu adalah rumah-rumah panggung tradisional yang berada disekitaran sungai. Perkampungan ini sepi, hanya ada beberapa rumah yang berkumpul di satu wilayah itu saja. Berada di tengah-tengahnya kita akan lupa bahwa beberapa jam lalu masih di keramaian kota. Bisa dibilang seperti kota terpencil di atas gunung. Kendaraan yang kita bawa bisa dititipkan di Jambur (balai desa) warga. Air Terjun Negeri Suah tingginya sekitar 20 meter. Dinding-dinding air terjun ini tidak curam sehingga air tidak jatuh dengan bebas. Air jatuh di pinggir-pinggir batu. Jika dilihat, air terjun ini mirip dengan air terjun yang ada di Pulau Mursala. Di depan air terjun, ada aliran sungai jernih dan hamparan persawahan yang menyejukkan mata. Ketika di sini, air cukup segar dan dingin.
Sekitar 100 meter masuk ke dalam rimbunan pohon, kita akan disambut dengan bau belerang dan gemuruh air terjun kecil di sepanjang menuju tepi sungai. Rumput-rumput menuju sungai ini cukup tinggi. Ketika membalikkan rumput yang tinggi, terlihatlah sungai dengan warna biru agak putih. Di tepi sungai banyak pohon-pohon khas gunung api. Pohon-pohon ini jarang terlihat di sungai biasa. Kami juga kurang kehadiran pohon yang berjejer di tepi sungai menambah kesan spesial tempat ini.

Di batu-batu sungai ada sumber mata air panas yang langsung mengalir ke arah air dingin. Mungkin karena inilah tempat ini juga sering disebut sungai dua rasa. Arus air yang ada tak terlalu deras sehingga kita bisa meyegarkan badan dengan mandi-mandi. Sementara, tak jauh dari sungai ini, sekitar 3 km terdapat objek wisata lain. Masih di wilayah Negeri Suah, ada wisata Air Terjun Sempuren putih. Air terjun juga ada air panasnya. Warna sungai juga biru agak putih. Yang terlihat, air terjun ini hanya setinggi 3 meter, namun sebenarnya itu hanya tingkatan paling bawah. Jika ditelusuri, air terjun ini bisa mencapai 100 meter.


Negeri Suah bisa jadi pilihan untuk habiskan hari libur. Namun, saat ke sini, kalian jangan malu-malu untuk bertanya jika tak tahu jalan ya, karena aksesnya jalannya masih kurang bagus. Jika kalian kesana bersiap-siaplah untuk menambah stamina kendaraan kalian ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here